Penerapan Akuntansi Administrasi Dalam Pengambilan Keputusan

SUCIPTO
Fakultas Ekonomi
Jurusan Akuntansi
Universitas Sumatera Utara

BAB I
PENDAHULUAN
Dalam melakukan kegiatannya, perusahaan selalu menghadapi banyak sekali masalah. Diantaranya yaitu bagairnana semoga perusahaan sanggup beroperasi seefisien mungkin, sehingga sanggup tercaya laba yang maksimal. Untuk menghadapi problem tersebut, dibutuhkan suatu sistem pelaporan intern yang memadai, sehingga kalau terjadi penyelewengan ataupun pemborosan dalam proses produksi sanggup segera diatasi. Dalam sistem pelaporan intern ini dibutuhkan akuntansi manajemen. Akuntansi administrasi merupakan jaringan penghubung yang sistematis dalam penyajian info yang mempunyai kegunaan dan sanggup daya untuk membantu pimpinan perusahaan dalam perjuangan mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Informasi akuntansi administrasi ini terdiri dari info akuntansi biaya penuh (full cost accounting), info akuntansi deferensial (differential accounting), dan akuntansi pertanggungjawaban (responsibility accounting). Jika info akuntansi administrasi dihubungkan dalgan objek info ibarat produk departemen dan acara perusahaan maka akan dihasilkan info akuntansi penuh. Jika info akuntansi administrasi dihubungkan dengan alternatif yang akan dipilih, maka akan dihasilkan konsep info akuntansi diferensial, yang sangat dibutuhkan oleh administrasi untuk tujuan pengambilan keputusan pemilihan beberapa alternatif. Jika info akuntansi administrasi dihubungakan dengan wewenang yang dimiliki oleh manajer, maka akan dihasilkan konsep info akuntansi pertanggungjawaban yang terutama bermanfaat untuk menghipnotis sikap insan dalam organisasi.
Pengambilan keputusan wacana pemilihan beberapa alternatif pada akuntansi diferensial sanggup dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Keputusan jangka panjang dan keputusan jangka pendek. Keputusan jangka panjang merupakan keputusan yang diambil manajer, dimana hasil dari keputusan tersebut sanggup memperlihatkan manfaat yang lebih dari satu tahun. Altematif yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan jangka panjang antara lain yaitu; membeli atau menyewa mesin, membeli mesin secara tunai atau angsuran, dan lain-lain.
Keputusan jangka pendek merupakan keputusan yang diambil manajer, dimana hasil dari keputusan tersebut sanggup eksklusif dirasakan pada tahun dimana keputusan tersebut diambil. Altrenatif yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan jangka pendek antara lain yaitu; apakah pesanan dibawah harga pokok diterima atau ditolak, menjual kini atau memproses lebih lanjut produk tertentu.


BAB II
1. Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, mulai dari tubuh perjuangan kecil yang tidak mencari laba hingga pada perusahaan besar yang mencari laba membutuhkan info akuntansi yang digunakan sebagai alat perencanaan, pengawasan maupun sebagai dasar pengambilan keputusan. Dilihat dari pengertian akuntansi itu sendiri mempunyai banyak definisi ibarat yang selama ini dikenal. Hal ini alasannya yaitu luasnya ruang lingkup dari kegiatan akuntansi balasannya antara definisi yang satu dengan definisi yang lainnya terdapat perbedaan penekanannya. Walaupun demikian definisi-definisi terebut telah memperlihatkan pengertian definisi akuntansi yang menekankan fungsi akuntansi sebagai sumber informasi.
Di pandang dari segi aspek info berdasarkan R.A. Supriyono (1993, hal.18) akuntansi sanggup didefinisikan sebagai berikut : "Akuntansi yaitu acara yang menghasilkan jasa yaitu berfungsi menyajikan info kuantitatif yang intinya bersifat keuangan dari suatu satuan perjuangan atau organisasi tertentu, info tersebut akan dapat
dipakai oleh pihak eksternal maupun pihak internal untuk pengambilan keputusan dengan menentukan beberapa alternatif”.
Definisi di atas menjelaskan wacana fungsi akuntansi sebagai sumber info keuangan yang dibutuhkan oleh pihak eksternal untuk pengambilan keputusan, dan info keuangan tersebut digunakan oleh pihak internal untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan alternatif.
download jurnalnya
LihatTutupKomentar