Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-16

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-16 - Melanjutkan soal essai SBK bagian ke-14 dan bagian ke-15 (soal nomor 176 - 195), essai seni budaya bagian ke-16 berisikan materi yang sama yang diambil dari bab 4, yaitu soal tentang pementasan seni teater modern.

Berikut dibawah ini, soal seni budaya dalam bentuk essay/uraian untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat kelas 11 semester genap K13 edisi revisi, dimulai dari pertanyaan nomor 196.

196. Apa yang anda ketahui tentang gelada resik sebelum pementasan teater?
Jawaban: termasuk pada latihan tahap akhir yang sudah melibatkan seluruh bentuk pementasan seutuhnya. Dalam tahap ini semua pihak khususnya pemain harus siap sebagaimana mestinya pada saat pergelaran nanti. Hal ini dilakukan dalam waktu sedikitnya 1 hari menjelang hari H pergelaran.

197. Mengapa evaluasi pementasan teater sangat penting dan harus diadakan?
Jawaban: evaluasi sangat penting dilakukan supaya mengetahui kekurangan dan kelebihan pementasan yang sudah dilaksanakan. Dengan mengetahui akan kekurangan dan kelebihan inilah yang kemudian harus ditindaklanjuti. Hal-hal yang sudah baik perlu ditindaklanjutkan dan ditingkatkan. Dan hal-hal yang masih kurang harus diperbaiki. Pada saat evaluasi diperlukan kebesaran hati untuk menerima kritik dan masukan semua yang telah dikerjakan.

198. Terangkan alasan peran sutradara menjadi berkurang saat pementasan teater modern berlangsung!
Jawaban: pada saat pergelaran berlangsung sutradara sudah kehilangan wewenang untuk mengubah atau memperbaiki permainan. Baik tidaknya sebuah permainan disaat pergelaran sudah berlangsung di depan penonton adalah menjadi kuasa penuh para pemain yang didukung kru saat itu. Sutradara sebagai pemimpin permainan sudah bersifat pasif saat ini. Dan bahkan sudah berbaur di depan panggung pertunjukkan dan duduk sebagai penonton. Oleh karena itu seluruh pemain dan kru harus sudah benar-benar siap seratur persen.

199. Sebutkan fungsi ucapan dalam bermain peran teater modern!
Jawaban: fungsi ucapan yaitu sebagai berikut:
a. untuk menyalurkan kata dari teks lakon
b. memberi arti khusus pada kata-kata tertentu melalui modulasi suara
c. memuat informasi tentang sifat perasaan tokoh
d. mengendalikan perasaan penonton
e. ketika pemeran mengucapkan dialog harus mempertimbangkan pikiran-pikiran penulis,

200. Jelaskan yang dimaksud prapementasan teater modern!
Jawaban: prapementasan merupakan gladi bersih sebagai persiapan terakhir untuk menuju sebuah pementasan. Tujuan dari tahap ini adalah sebagai simulasi pada hari H pementasan agar seluruh panitia yang terlibat siap untuk menghadapi kendala-kendala yang mungkin akan terjadi saat melakukan sebuah pementasan.

201. Apa yang anda ketahui tentang pementasan teater modern?
Jawaban: pementasan teater modern adalah suatu kegiatan apresiasi yang bertujuan menampilkan suatu karya atau seni teater modern yang mana bertujuan sebagai hiburan atau untuk apresiasi suatu karya seni yang dilakukan oleh manusia/ audience sebagai pencipta dan penikmat karya seni teater.

202. Terangkan mengenai kunci sukses dan keberhasilan dari suatu pementasan teater!
Jawaban: keberhasilan pementasan ditentukan oleh kesiapan segala hal yang diperlukan. Kerja sama dan gotong royong merupakan salah satu kunci keberhasilan pementasan teater selain kekuatan pemain dalam memerankan tokoh dan karakternya.

203. Sebutkan tiga ciri-ciri pementasan teater modern!
Jawaban: ciri-ciri pementasan teater modern adalah sebagai berikut.
a. panggung tertata
b. ada pengaturan jalan cerita
c. tempat panggung tertutup

204. Sebutkan unsur-unsur pementasan teater modern!
Jawaban: unsur-unsur pementasan drama/film, yaitu sebagai berikut:
a. naskah/skenario
b. pemain/pemeran
c. sutradara
d. properti
e. penataan
f. penonton

205. Apa yang harus dilakukan staf produksi teater dan pemain teater saat pementasan teater?
Jawaban: menjelang pementasan semua pemain harus sudah siapa satu jam sebelum acara dimulai sehingga mereka tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan pementasan. Penataan panggung harus sudah dalam kondisi siap pakai. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat pementasan karya teater adalah seluruh kepanitiaan yang terlibat harus konsentrasi penuh, jangan sampai terjadi kesalahan dari apa yang direncanakan. Hadapi semuanya dengan  ketenangan. Juga menjaga kekompakan dalam bekerja sama sehingga pementasan akan berhasil dengan baik.

206. Jelaskan pengertian teater secara sempit!
Jawaban: secara sempit, teater diartikan sebagai potret kehidupan manusia yang coba disuguhkan di atas panggung untuk ditonton para penikmat teater.

207. Sebutkan beberapa properti yang dibutuhkan ketika pentas dala teater atau drama!
Jawaban: properti merupakan bagian dari pementasan yang berupa perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan teater. Beberapa properti yang dibutuhkan. Ketika pentas dalam teater atau drama seperti kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, dan lain sebagainya.

208. Apakah pengertian skenario?
Jawaban: naskah atau skenario berisi kisah dengan penjabaran tokoh dan dialog yang akan dipentaskan. Naskah disebut sebagai penyatu berbagai macam unsur yang ada dalam pementasan yaitu pentas, pemain, kostum, sutradara.

209. Sebutkan dan jelaskan penataan dalam pementasan teater!
Jawaban: penataan dalam pementasan teater, antara lain sebagai berikut:
a. tata rias merupakan cara memberikan make up pada pemain teater dalam memerankan tokoh teater agar lebih sesuai dengan karakter yang akan diperankan.
b. tata busana merupakan tata cara atau aturan kostum yang dikenakan pemain agar mendukung keadaan yang diperankannya. Kostum biasanya disesuaikan dengan keadaan peran yang dijalankan pemain atau tuntutan naskah dari sutradara. Contohnya pakaian yang dikenakan anak sekolahan tentu akan berbeda pakaian harian yang dikenakan pembantu rumah tangga.
c. tata lampu berkaitan dengan pencahayaan di panggung
d. tata suara berkaitan dengan pengaturan pengeras suara.

210. Bagaimanakah anggapan dari pemain bagi sutradara?
Jawaban: pemain di ibaratkan adalah pelayan sutradara. Bahwa sutradara sebagai otak dari jalannya alur cerita dalam pementasan teater, tugas sutradara seperti mengarahkan para aktor, membedah naskah, menciptakan ide-ide tentang pentas yang akan digunakan dan lain-lain.

Lanjut ke soal penilaian akhir tahun => Contoh Soal UAS/PAT Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
LihatTutupKomentar