Cara Menghitung Jangka Sorong Dengan Gampang

Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Mudah| Jangka sorong sanggup dipakai dengan gampang dalam menghitung panjang suatu benda. Jangka sorong ialah salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang. Jangko sorong mempunyai bentuk yang seolah-olah kunci inggris dengan rahang yang sanggup digeser. Jangka sorong mempunyai ketelitian hingga 0,1 mm. Cara menghitung atau memakai jangka sorong merupakan pelajaran di kelas x dan di kelas 3 sma dan bagi teman-teman yang sedang atau belum mempelajarinya di dingklik sekolah lebih baik anda cepat-cepat untuk mengetahui semoga anda terdepan di sekolah. 

Fungsi Jangka Sorong 
    Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis
  • Untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm (rahang tetap dan rahang geser bawah)
  • Rahang tetap dan rahang geser atas, untuk mengukur diameter benda yang sangat kecil contohnya cincin, pipa, dll 
  • Tangkai ukur dibagian bawah, untuk mengukur kedalaman contohnya kedalaman tabung, lubang kecul, atau perbedaan tinggi yang kecil.
Tata Cara Menggunakan Jangka Sorong 
Berikut cara dalam memakai jangka sorong yang diikuti dalam beberapa langkah antara lain sebagai berikut,..
1. Awal persiapan, kendurkan baut pengunci dan geser rahang geser untuk menguji apakah rahang geser bekerja dengan baik. Jangan dikala rahang tertutup harus dalam keadaan atau mengatakan angka nol. Jika tidak, atur ke angka nol.
2. Selanjutnya, membersihkan permukaan benda dan permukaan rahang untuk tidak ada benda yang melekat yang sanggup menimbulkan keselahan pengukuran.
3. Tutup rahang hingga mengapit benda yang diukur. Tentukan posisi benda sesuai pengukuran yang diambil. Selanjutnya tinggal membaca skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Menghitung dan Mengukur Diamater
  • Cara menggunakannya ialah dengan rapatkan rahang atas kemudian ditempatkan benda yang ingin diukur diameternya. Taring rahang geser hingga kedua rahang menempek dan menekan bab dalam benda. Pastikan bahwa dinding bab dalam benda tegak lurus dengan skala, maksudnya benda jangan hingga lurung. 
Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman
  • Cara memakai jangka sorong untuk menghitung/mengukur kedalaman ialah dengan menempatkan benda yang ingin diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Taring rahang geser hingga dengan menyentuk permukaan dalam (dasar lubang). Usahakan semoga benda yang diukur kedalamannya dalam keadaan statis (tidak bergeser). 
Cara Membaca Jangka Sorong 
  • Lihat skala utama, lihat nilai yang terukur lurus dengan angka nol di skala nonius. Bisa mengatakan posisi berhimpit dengan garis skala utama sanggup juga tidak. Jika tidak, gunakan nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Di tahap ini anda akan mendapatkan ketelitian hingga 1 mm. 
  • Lihat skala nonius, carilah angka di skala nonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini mempunyai ketelitian hingga 0,1 mm. 
  • Jumlahkan

Contoh Soal Menghitung Jangka Sorong

Contoh Soal 1 Menghitung Jangka Sorong


Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis

Contoh Soal 2 Menghitung Jangka Sorong


Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis

Contoh Soal 3 Menghitung Jangka Sorong: 

Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Praktis

Baca Juga: 

Demikianlah info mengenai Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Mudah. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
LihatTutupKomentar