Arti Penting Lingkungan Hidup

Makhluk  hidup  tidak sanggup dipisahkan dari lingkungannya. Lingkungan Hidup bersifat mendukung atau menyokong kehidupan makhluk hidup, namun perlu diingat bahwa tidak semua lingkungan di muka bumi ini memiliki  keadaan yang ideal untuk  kehidupan makhluk hidup.

Oleh alasannya ialah itu, makhluk hidup harus sanggup menyesuaikan diri  dengan kondisi  lingkungannya. Sebagai contoh, insan yang hidup di tempat masbodoh harus mengenakan pakaian yang tebal semoga sanggup bertahan di hawa dingin

Beberapa jenis tanaman menggugurkan daunnya ketika demam isu kemarau semoga sanggup mengurangi penguapan, sehingga pohon tersebut tidak mati alasannya ialah kekurangan air.

Khusus bagi manusia, pembiasaan yang dilakukan terhadap lingkungannya akan menghasilkan banyak sekali bentuk hasil interaksi yang disebut dengan budaya.

Budaya-budaya   tersebut, antara lain, berupa bentuk rumah, model pakaian, pola mata pencaharian, dan pola kehidupan sehari-hari.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, insan juga sanggup memanfaatkan potensi lingkungan untuk menyebarkan kualitas kehidupannya. 

Lingkungan hidup selain sebagai tempat tinggalnya, juga sanggup dimanfaatkan sebagai:

1. media penghasil materi kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan
2. wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau insan lainnya
3. sumber energi
4. sumber materi mineral  yang sanggup dimanfaatkan  untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
5. media ekosistem dan pelestarian tanaman dan fauna serta sumber alam lain yang sanggup dilindungi untuk dilestarikan.

Sumber        :     Buku IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis        :     Sanusi Fattah Amin Hidayat Juli Waskito, Moh. Taukit Setyawan
LihatTutupKomentar