RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN 
  SATUAN LAYANAN KLASIKAL 
  Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri 1....................
Kelas/Semester : X / 2
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB V MY DREAM
B. KARIR YANG KUIMPIKAN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian sikap ekonomis)
III. NILAI KARAKTER : Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Sosial, Tanggung Jawab.
IV. KOMPETENSI : Memiliki minat pekerjaan melalui penguasaan berguru
V. INDIKATOR : Memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
VI. BIDANG BIMBINGAN : Karir
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
 KEGIATAN    PELAYANAN KLASIKAL   |      WAKTU   |    
 A.        Pendahuluan   1.         Memberi salam,   menyidik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.   2.         Apersepsi dan   motivasi :    3.         Menjelaskan   tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai   dengan RPL Silabus.   |     10 ’   |   
 B.        Kegiatan Inti   1.         Proses    •      Eksplorasi  : menjadi pelajar yang mempunyai   minat terhadap pekerjaan melalui penguasaan belajar.    •    Elaborasi    : mengemukakan gagasan gres   untuk memahami bidang pekerjaan.   •    Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sebagai dewasa   dalam mencapai aspek perkembangan ialah memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.   2.         Aspek CTL    •      Questioning (bertanya) : tanya jawab   bervariasi untuk mempunyai   minat pekerjaan melalui penguasaan belajar.   •      Konstruktivisme   (membangun) : ”PREPARING MY DREAMED CAREER” supaya penerima didik mempersiapkan   diri memilih karir.   •      Inquiri   (menemukan) : guru BK/Konselor menunjuk beberapa siswa untuk mendeteksi   kemampuan dalam berguru selama di SMP/MTs.   •      Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menuntaskan kiprah di modul BK dengan mengisi kuiz :   ”NGECEK BAKAT YUK !”   3.         Kecakapan Hidup    •      Karya siswa : melaksanakan acara positip yang menunjukkan penguasaan   belajar.   |     25’   |   
 C.        Penutup   1.         Kesimpulan :   penerima didik dan guru BK menyimpulkan   cara memahami bidang pekerjaan yang sesuai   dengan bakatnya   2.         Refleksi       : memahami pekerjaan   yang sesuai dengan bakatnya   |     5 ’   |   
 TEKNIK   |     BENTUK   |     TAHAP PENILAIAN   |   
 Penilaian diri   |     Kuis mengecek bakat   |     Laiseg    : Memiliki harapan karir di masa depan.   Laijapen : Rajin berguru untuk   mencapai cita-cita.   Laijapan : menunjukkan prestasi belajar   |   
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP.

