Definisi Psikologi Pendidikan

Definisi Psikologi Pendidikan - Psikologi Pendidikan ialah ilmu yang mempelajari bagaimana insan berguru dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa berguru dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok menyerupai berbakat belum dewasa dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat .
Definisi Psikologi Pendidikan berdasarkan para ahli:

Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)
Definisi Psikologi pendidikan ialah a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process. Psikologi pendidikan ialah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melakukan tugas-tugas seorang guru dalam proses berguru mengajar secara efektif.

Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being. Psikologi pendidikan ialah studi sistematis wacana proses-proses dan faktor-faktor yang bekerjasama dengan pendidikan manusia. Ensiklopedia amerika, psikologi pendidikan ialah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan-penemuan dan menerapkan prisip-prinsip dan cara untuk meningkatkan keefesien dalam pendidikan.

(Whiterington, 1982:10)

 ialah ilmu yang mempelajari bagaimana insan berguru dalam pendidikan pengaturan Definisi Psikologi Pendidikanpendidikan ialah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang bekerjasama dengan tindakan belajar.

LihatTutupKomentar